Beranda » ARTIKEL » Vertikultur , Bertani dalam Kota

Vertikultur , Bertani dalam Kota

Calendar

Agustus 2012
J S M S S R K
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

         Menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan ketika sebuah kota identik yang dengan kepadatan penduduk, lahan sempit dan berbagai macam permasalahan didalamnya seperti polusi udara dan lain sebagainya. Sebagian besar dari penduduk perkotaan tidak mempunyai lahan untuk bercocok tanam. Namun banyak pula yang memendam hobi mereka atas dasar lahan yang minim serta kesibukan yang ada sehingga tak banyak waktu untuk merawat tanaman. Berdasarkan survei bawasanya ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di gang perumahan khususnya perkotaan seringkali hanya mengandalkan membeli sayuran dari pasar maupun dari tukang sayur yang melewati daerah mereka. Melihat berbagai kondisi ini sebenarnya masih banyak solusi yang harus di ketahui oleh masyarakat luas.

      Vertikultur merupakan salah satu teknik menanam secara vertikal , berundak sehingga menghemat area halaman rumah. Mungin sebagian orang belum mengenal istilah ini, maka dari itu penulis berusaha menjabarkan apa itu vertikultur ?. Berkendala area sempit vertikultur sangat cocok untuk keadaan ini. Bagaimana tidak ? sebuah halaman yang hanya menganggur tanpa ada hijauan yang bermanfaat akan dapat mengasilkan tanaman sayuran yang paling tidak sehat untuk dikonsumsi sendiri. Bebas pestisida dan bahan kimia lainnya serta dapat dipetik langsung. Manfaat lain yang dapat diperoleh yaitu kita dapat membantu penyediaan oksigen serta mengurangi pemanasan global karena banyak tanaman yang ditanam sehingga area perumahan menjadi sejuk. Perawatan yang cukup mudah menjadikan anda tidak banyak  mengorbankan banyak waktu anda. Hal ini cocok untuk ibu rumah tangga yang hanya berdiam diri dirumah tidak ada kegiatan. Sehingga menambah kegiatan bermanfaat untuk menjaga lingkungan.

              Tanaman yang dapat ditanam melalui teknik ini yaitu jenis tanaman sayur-sayuran. Dibandingkan ketika membeli sayuran dari pasar yang kita tidak ketahui bagaimana penanamanya, berapa kandungan pestisida didalamnya yang kemungkinan besar akan mempengaruhi kondisi kesehatan kita kedepannya alangkah baiknya kita budayakan tanam- menanam sendiri di halaman rumah kita. Tak perlu diragukan teknik ini cukup mudah, dengan peralatan yang tak mahal pula dapat menggunakan paralon, bambu dan bahan lainnya sebagai tempat media tumbuh. Media mudah didapat seperti tanah , kompos dan benih dapat diperoleh di toko-toko pertanian. Menciptakan area perkotaan yang asri sebenarnya sangat mudah ,tergantung pada niatan masaing-masing individu.


1 Komentar

  1. H Onnie S Sandi SE mengatakan:

    Artikel yang bagus mbak…..cuma kelihatannya masih banyak orang yang belum mengerti atau menyadari manfaat tehnik tsb…..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 68 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: