U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Mahasiswa dan industri lokal kunci kemajuan bangsa ini

Mahasiswa dan industri lokal kunci kemajuan bangsa ini

Calendar

Mei 2012
J S M S S R K
« Des   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Like This Blog


Industri dapat dikatakan sebagai sektor pemimpin dimana dengan adanya pembangunan sektor industri maka akan memacu dan mengangkat sektor-sektor lainnya seperti sektor perdagangan , pertanian maupun sektor jasa. Pada masa permulaan orde baru, Indonesia termasuk negara yang paling rendah tingkat industrilisasinya diantara negara-negara sedang berkembang yang besar. Seiring waktu berjalan , Indonesia mulai mengikuti arus perkembangan zaman. Moderenisani mendorong Indonesia untuk lebih memajukan ilmu pengetahuan serta mengembangkan teknologi yang sudah ada. Sehingga dapat bersaing terhadap negara lain , serta dapat menunjukkan bahwa indonesia mampu menghasilkan barang yang berkualiatas. Indonesia tak hanya menjadi konsumen saja, namun juga menjadi produsen. Dengan adanya pembangunan sektor industri dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memanfaatkan sumber daya alam secara optimal.

Industri menjadi salah satu sektor yang banyak dilirik masyarakat sebagai salah satu sarana dalam menghadapi era globalisasi. Bahkan pemerintah menjadikan sektor industri sebagai alternatif dalam membuka lapangan kerja ,yang dari tahun ketahun semakin meningkat. Dalam pembangunan , sektor industri menjadi slah satu sektor andalan bagi pemerintah. Dalam menciptakan perubahan kehidupan masyarakat yang makmur serta adil tak lepas dari perkembangan sektor industri.

Walau bagaimanapun peran mahasiswa dalam hal ini menjadi salah satu faktor penunjang dalam kemajuan dan perkembagan industri. Dalam rangka memperbaiki perekonomian Indonesia yang semakin terpuruk oleh adanya krisis ekonomi di Amerika dan Uni Eropa peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam hal ini, tak lepas dari itu mahasiswa secara tidak langsung akan berhubungan dengan masalah perekonomian yang dirasa semakin terpuruk. Industri lokal dihantam oleh komoditas impor yang merambah dan merajai pangsa pasar Indonesia sontak membuat mahasiswa sebagai generasi penerus bangas ikut miris dengan keadaan ini. Industri lokal menjadi salah satu input yang harus dipertahankan , sehingga jati diri akan bangsa ini tetap nampak sebagaimana seharusnya. Mahasiswa menjadi salah satu kunci supaya industri lokal tetap lestari untuk menyelamatkan banyaknya pengganguran di Indonesia.

Para mahasiswa akan menjadi sorotan publik tentang bagaimana sektor industri tetap berjalan ke depan dengan lebih maju tentunya. Dengan selalu mendukung indstri lokal yang mungkin hanya di produksi dari industri rumah tangga dan industri kecil, yang sebagian besar berada di daerah pinggiran, bersifat musiman. Yang nantinya kita akan menjadi penguasa pada negri kita,bukan menjadi buruh di negri sendiri. Yang menjadi pertanyaan, dapatkah mahasiswa mengembangkan dan memperbaiki sektor industri yang terlanjur melemah ini. Itu lah yang menjadi tugas masing-masing diantara kita, melakukan apa yang seharusnya menjadi tugas dan kewajiban seorang generasi penerus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: