U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Calendar

Juni 2012
J S M S S R K
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Like This Blog


               Kini perkembangan teknologi semakin meluas dan berkembang pesat diseluruh penjuru tanah air, khususnya di Indonesia sendiri. Berkaca pada perkembangan zaman yang kian hari semakin maju dan semakin berkembang menjadikan teknologi sebagai alternatif praktis dalam pencarian sumber informasi.

          Seperti saya sendiri yang beruntung karena tidak senggaja menemukan sebuah ajang kompetisi lomba Writing Contest yang bertema ”Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia” yang diselenggarakan oleh Komunitas Ngawur ( Ngeblog Jawa Timur ) yang disponsori oleh Pusat Teknologi yang tergabung dalam Blogger Nusantara.

          Memang pada dasarnya saya hobi nulis, jadi tidak ada salahnya saya mencoba mengkuti lomba ini. Tujuan utamanya bukanlah hadiah yang saya cari, Komunitas Ngawur ini sebagai wadah saya untuk mengukur seberapa dalam wawasan saya menulis dan mengukur seberapa jauh kualitas tulisan saya. Saya sangat berapresiasi dengan event-event seperti semacam ini, dengan adanya event semacam ini sedikit dari pemahaman saya tentang Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia ini akan tersalurkan melalui tulisan dan dapat dibaca oleh publik.

          Mungkin itu hanya sepatah kata perkenalan buat sobat semua yang melatar belakangi saya menulis artikel ini. Kembali pada tema , seperti yang kita tahu perkembangan teknologi informasi di Indonesia sendiri pun kini mengalami perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun. Perkembagan informasi ini pun masing-masing mempunyai kekurangan meskipun hanya saja kelebihannya masih mendominasi sehingga kemudahan-kemudahan dapat kita rasakan bersama. Kemudahan–kemudahan yang kita dapatkan dengan adanya perkembagan informasi ini sebenarnya masih bergantung pada media, dimana media itu sangat berguna dalam proses perkembangan teknologi yaitu sebagai alat untuk menyebar luaskan informasi baru yang dalam konteks ini masih banyak orang yang belum mengerti.

              Menyinggung tentang pengertian sistem digital sendiri, kita berdasar pada teknologi mutakhir sekarang yang ditandai dengan adanya peralatan modern sebagai pendukung , seperti adanya komputer. Pada Wikipedia telah di sebutkan istilah bahwa “digital” berasal dari bahasa Yunani yang dapat diartikan sebagai jari jemari. Jumlah jari kita adalah sepuluh (10) yang terdiri atas 2 radix , yaitu 1 dan nol. Proses digitalisasi yang harus dilalui terlebih dahulu, walau bagaimanapun semua informasi yang masuk berwujud rangkaian bilangan biner dengan wujud kode-kode digital seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

       Saya berpendapat bahwa teknologi digital merupakan teknologi yang berperan penting dalam segala aspek kehidupan dan berpengaruh nyata dalam berbagai aspek. Hampir selala aspek menggunakan teknologi digital. Sebagai contoh dalam aspek ekonomi, pendidikan maupun sosial.

      Menjadi pertanyaan bagi kita semua tentang seberapa nyatakah kemanfaatannya dalam kehidupan ? ini menjadi PR buat kita semua untuk berfikir bagaimana cara supaya Teknologi digital ini dapat termanfaatkan secara bijaksana serta dapat dikelola dengan maksimal. Walau bagaimanapun tujuan akhir dari semua penggelolaan tersebut adalah untuk kita dan masa depan bangsa Indonesia.

               Semakin banyaknya teknologi digital yang bermunculan menjadikan kita lebih selektif dalam memilih teknologi digital dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan kita. Yang menjadi pertanyaan , lalu apa yang harus kita lakukan dan bagaimana cara kita untuk tetep memelihara teknologi digital supaya kemanfaatannya menjadi maksimal untuk Indonesia???

Aspek Ekonomi

              Dilihat dari segi ekonomi, teknologi digital mempunyai prospek yang cukup menarik untuk selalu dikembangkan. Dapat kita peroleh bermacam-macam manfaat dari sini. Sebagian orang yang lebih dulu dapat melihat potensi teknologi digital ini mempunyai kemajuan ekonomi yang lebih dari pada yang tidak mengenal teknologi digital sama sekali. Mereka dapat memanfaatkannya untuk mempermudah bisnis mereka, seperti halnya toko online. Dilihat dari namanya sendiri tentu saja sangat bergantung dengan adanya teknologi digital. Hal ini menjadi salah satu aspek penting dalam memajukan perekonomian kita. Dampak positif yang diberikan menjadikan kita negara yang istilahnya tidak ‘’katrok’’ atau ketinggalan jaman. Dampak positifnya pun nyata dapat dirasakan, dengan Toko online waktu lebih efektif dan efisien tenaga juga karena dapat dilakukan di rumah kita saja. Namun jangkauan yang didapat semakin luas, karena product tidak hanya dilihat orang dalam negri saja tetapi juga orang manca negara. Sangat menarik bukan ??

Pendidikan

             Ketika dulu pertama kali saya masuk bangku kuliah, hal yang beda saya rasakan ketika ada mata kuliah yang harus e-learning. Pada waktu itu, sebagian waktu masih tersita di kampus karena materi yang di e-learningkan tidak bisa di download dari internet melainkan masih dengan intranet yaitu dengan wifi kampus. Seiring perkembangan dan majunya ilmu teknologi digital membuat saya dapat mendownload materi e-learning dari internet ( warnet ataupun dirumah ) . Begitu pula kita dapat mengumpul tugas tanpa harus mencari staf pengajarnya dapat langsung kita kirim via email. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa teknologi digital mampu membuat dunia Pendidikan semakin berkembang dan maju. Ini akan mendorong Indonesia untuk bersaing dengan negara-negra maju diluar sana. Hal ini tak akan terwujut bila tidak terciptanya SDM-SDM yang berwawasan luas, untuk menciptakan SDM tersebut kita perlu adanya teknologi digital.

Sosial

            Dalam bidang sosial , pemanfaatan teknologi digital juga berperan nyata. Seperti halnya berita online yang kapanpun dapat kita akses. Sebagai sarana memperoleh informasi secara cepat. Sebagai contoh bila terjadi bencana alam disuatu daerah. Kita dapat akses secara cepat kapanpun kita inginkan.dengan adanya berita online kita tak perlu menunggu lama untuk mengetahui perkembagan terkini disuatu wilayah. Sebagai contoh terjadi tsunami di suatu daerah, informasi yang kita dapat akan lebih cepat bila dengan adanya bantuan teknologi digital. Kita dapat berparstisipasi dalam memberi bantuan, maupun informasi sebagai relawan .

             Berdasar dari beberapa informasi tersebut, dapat ditarik sutu kesimpulan yang mewakili penjelasan panjang diatas bahwa teknologi digital itu memberi pengaruh nyata terhadap kehidupan kita. Adapun dampak positifnya lebih mendominasi dari pada dampak negatif. Sehingga dengan adanya teknologi digital diharapkan akan membantu masyarakat untuk lebih berkembang.


30 Komentar

  1. goffal mengatakan:

    i like

  2. -Umiie- mengatakan:

    makacieh🙂

  3. dedidadiono mengatakan:

    siipz

  4. -Umiie- mengatakan:

    makasih ya🙂

  5. -Umiie- mengatakan:

    mkasih ya🙂

  6. LUKMAN ARIYANTO mengatakan:

    like…

  7. -Umiie- mengatakan:

    mkasihh🙂

  8. Togel2601 mengatakan:

    Josss………….

  9. -Umiie- mengatakan:

    maksih🙂

  10. ocsa mengatakan:

    siip

  11. -Umiie- mengatakan:

    Iya,, makasih atas kunjungannya🙂

  12. gofur dot info mengatakan:

    ikut mendukung moga menang. hheh

  13. -Umiie- mengatakan:

    makasiiiihh sobat🙂

  14. endang mengatakan:

    jempol buat umi … teruskan hobimu …

  15. -Umiie- mengatakan:

    hehehheheh…..
    makasih buk,,,, cuman iseng2 aja kok buk….

  16. Yogo Pray mengatakan:

    mantep,,,
    nek bisa buat lgi tentang pertanian2 qta,,,
    perbanyak lagi…artikelnya,,,hehe

  17. -Umiie- mengatakan:

    hehehhe iya mz,,,, itu tema yg lg diikutin lomba,,, besuk tak bikin ya pertanian

  18. -Umiie- mengatakan:

    silahkan di tes,,,, hehehehehe🙂

  19. vina mengatakan:

    ok,,thats great

  20. -Umiie- mengatakan:

    thxs u so much🙂

  21. affanibnu mengatakan:

    sukses dengn lombanya..🙂

  22. -Umiie- mengatakan:

    amiiin…. makasih ya atas kunjungannya🙂

  23. Rijal Isnaini mengatakan:

    Selamat mengikuti lomba.
    salam kenal.
    ditunggu ya kunjungan baliknya , ,
    Makasih ^.^

  24. -Umiie- mengatakan:

    terima kasih atas kunjungannya……
    siiippp deehhhh tar tak kunjungin🙂

  25. benykla mengatakan:

    sip, kunjungi balik ya

  26. -Umiie- mengatakan:

    oke dehhhh ……. siap meluncur🙂

  27. […] Sumber: https://umiarsih.wordpress.com/2012/06/01/pusat-teknologi-pemanfaatan-teknologi-digital-untuk-indones… Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this.  Agustus 8, 2012  diannovyta Kategori: Perkembangan Teknologi Kaitkata: IT, Teknologi […]

  28. -Umiie- mengatakan:

    mkasih link nya…. slm kenal🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: