U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » SUARA MAHASISWA, Ganti Saja Menterinya

SUARA MAHASISWA, Ganti Saja Menterinya

Calendar

Juni 2012
J S M S S R K
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Like This Blog


Menjadi hal yang menarik untuk mengulas seberapa pentingkah wakil menteri bagi kinerja kabinet.Alasan presiden menambah wakil menteri hanya untuk memperkuat kabinetnya, namun pada kenyataannya menteri saja sudah cukup.

Saya rasa wakil menteri tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja kabinet.Timbul banyak pertanyaan baru tentang bagaimana menteri menangani pekerjaannya, apakah sudah kewalahan sehingga membutuhkan wakil menteri untuk membantunya? Pada dasarnya, menteri dapat dibantu oleh dirjen ataupun staf ahli.

Dalam pemilihan dirjen maupun staf ahli, seharusnya dipilih masingmasing individu yang kompeten yang mempunyai kualitas, sehingga kinerja dalam masing-masing departemen dapat maksimal. Dengan adanya bantuan banyak pihak yang telah disebutkan tadi yang mendasari bahwa tidak perlu adanya wakil menteri,toh pada kenyataannya pekerjaan menteri tidak overload karena masih ada banyak pihak yang terkait dalam departemen.

Dilihat dari sisi lain mengenai manfaat dari wakil menteri itu sendiri, wakil hanya sebatas menambah pendapat baru yang kemungkinan akan menambah kerumitan antara menteri dengan wakilnya tersebut.Banyak konflik ataupun perselisihan pendapat sehingga hanya membuang energi untuk masalah internal saja. Dalam pengambilan keputusan pun belum tentu akan lebih baik bila berasal dari dua pemikiran ataupun sebaliknya.

Ataukah ini hanya taktik politik belaka? Presiden harusnya lebih tegas dalam mengontrol masing-masing menterinya untuk lebih meningkatkan kinerjanya.Maka tak membutuhkan wakil,bila tak dibutuhkan wakil maka akan memperingan anggaran negara. Lalu, apakah selama ini kinerja menteri telah memuaskan atau sebaliknya?

Di sinilah yang harus diperjelas.Ketegasan presiden dibutuhkan untuk menangani hal seperti ini.Bila dirasa menteri-menteri tersebut tidak menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya, tak perlu ragu mengganti menteri-menteri tersebut dengan calon menteri yang lebih kompeten dan bertanggung jawab. (Sumber: Seputar Indonesia, 11 Juni 2012), (Gagasan Hukum , 14 Juni 2012 )

UMIARSIH Mahasiswi Jurusan Agroteknologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta; Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: