U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Melalui Pendidikanlah Kekayaan Alam Tekelola Secara Bijak

Melalui Pendidikanlah Kekayaan Alam Tekelola Secara Bijak

Calendar

Agustus 2012
J S M S S R K
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Like This Blog


 

Tak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan Negara Kesatuan dengan berbagai kekayaan alam yang sangat berlimpah ruah. Sumber Daya Alam (SDA) yang kini menjadi faktor utama produksi seharusnya dapat termanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan sehingga menipisnya cadangan SDA yang tak terbarukan dapat terselesaikan secara bijaksana.

Bedasarkan letak geografis daratan Indonesia terletak di jantung kawasan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia mencakup Asia Timur, Asia Selatan, dan Australia-Selandia Baru begitu pula dengan potensi lain seperti  lautan yang luas dan terletak di daerah tropis serta fluktuasi musim yang rendah menambah kekayaan negeri ini yang tak semua negara dapat memilikinya. Tak lepas dari kekayaan budaya dan sejarah yang tersebar diseluruh Indonesia seperti keanekaragaman tradisi, bahasa, kesenian nasional dan keindahan alam merupakan aset wisata dan sumber devisa bagi negara.

Menjadi pertanyaan yang tak mudah dijawab, ketika negara yang kaya akan sumber daya alamnya namun menjadi negara yang miskin. Apabila pengelolaan SDA dilakukan secara benar tanpa merusak alam , kesuburan tanah dan keragaman hayati yang dimiliki, yang pada dasarnya merupakan potensi kekayaan alam yang besar Indonesia sangatlah mudah untuk maju. Dengan adanya keberlanjutan yang diiringi oleh berbagai interaksi sumber daya manusia dan teknologi yang mengikuti prinsip keberlanjutan sehingga terciptanya  pertumbuhan ekonomi yang merata serta kualitas hidup modern. Perlu diingat semua hal tersebut tak lepas dari pendidikan yang menjadi kunci utama berkembangnya negara ini. Mengapa harus pendidikan ? karena pendidikan merupakan inti dari semua hal yang menjadi keinginan bangsa dalam mewujutkan pengelolaan kekayaan alam di inidonesia sehingga nantinya kita menjadi raja di negri sendiri.

Ketika Sumberdaya alam tersedia mustahil akan tercipta suatu bangsa yang maju tanpa ada penggeraknya yaitu sumber daya manusia. Guna menciptakan sumber daya yang handal yang berkualitas memang membutuhkan pendidikan. Oleh sebab itu berkembangya pendidikan menjadikan negara ini maju. Mengapa demikian? Karena semua sumber daya alam termanfaatkan oleh tangan-tangan yang handal pula. Selain itu moralitas yang pada hakikatnya adalah salah satu bagian dari pendidikan memang tetap harus dijaga. Sehingga pendidikan tidak disalah gunakan untuk merusak negara sendiri melainkan memajukan negara sendiri. Kenapa dapat saya katakan merusak, itu menjadi salah satu hal yang memprihatinkan ketika banyak orang berpendidikan tinggi namun moralitasnya rendah seperti halnya adanya KKN di negeri sendiri.

Sejumlah fakta yang dimiliki Indonesia dengan jumlah pendudku cukup besar menjadi salah satu modal penting juga karena kemajuan maupun kemundutran bangsa ini tergantung pada faktor manusianya atau SDMnya. Dengan SDM maka masalah – masalah politik ekonomi maupun sosial budaya akan terselesaikan. Namun banyak kendala dalam menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut yaitu harus menghadapi persaingan peradaban yang cukup tinggi oleh sebab itu diperlukannya revitaliasi dan pengembangan karakter SDM ,Salah satu aspek yang dapat dilakukan guna menyiapkan SDM yang handal adalah pendidikan.

Hal terpenting dalam upaya terencana dalam proses penggembangan serta pembelajaran supaya terciptanya individu yang mandiri , tanggung jawab , kreatif, berilmu, bermoral baik jasmani maupun rohaninya mencerminkan bagian dari pentingnya pendidikan sebagai modal utama kemajuan suatu bangsa.

Melalui pendidikan akan terciptanya pengelolaan kekayaan sehingga tak ada lagi pengangguran dan berbagai masalah pelik didalamnya. Sehingga negara ini dapat bersaing dengan negara maju lainnya. Oleh sebab itu penyediaan infrastruktur dalam bidang pendidikan harus terkelola dengan baik tidak hanya berupa pembangunan gedung sekolah tetapi juga penyediaan sarana dan prasana belajar mengajar yang moderen dan mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan. Semakin banyak anak bangsa yang tercerdaskan melalui pendidikan semakin banyak pula peluang bangsa ini untuk lebih maju dan berkembang. Dapat dilakukan dengan banyak cara yaitu dalam perluasan akses kependidikan serta mekanisme pembiayaan yang harus memadai seperti halnya bantuan beasiswa bagi penduduk miskin sehingga dari segi kualitas secara perlahan indonesia akan lebih baik.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: