U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Sosok Negarawan Harapan Indonesia

Sosok Negarawan Harapan Indonesia

Calendar

Agustus 2012
J S M S S R K
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Like This Blog


Berbicara mengenai kemiskinan sosok negarawan di indonesia kini sendang gencar-gencarnya dibicarakan. Mengapa Indonesia dapat dikatakan miskin akan sosok Negarawan ? banyak petinggi negara yang menjabat dan pada hakikatnya harus dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat namun tak mampu dilakukan. Hal ini yang menjadikan kemiskinan akan Negarawan mencuat dibicarakan berbagai bayak pihak.

Tak dapat dipungkiri sosok Negarawan kini berganti dengan politikus. Mengapa tidak ? semua yang mereka perjuangkan bukan atas dasar kepentingan masyarakat namun atas kepentingan individual yang mengedepankan partai pendukungnya. Sangat miris bila Indonesia tak dapat mengembalikan sosok yang diharapkan oleh masyarakat. seseorang yang dapat mengutamakan kepentingan bangsa seperti halnya yang dilakukan Proklamator Mohammad Hatta, atau Bung Hatta yang dapat disebut sebagai seorang pemimpin bangsa yang layak mendapat gelar Negarawan. Sebenarnya “Indonesia memiliki banyak calon Negarawan, mereka akan berjuang untuk kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi atau kepentingan partainya. Jangan terjebak menjadi politic king,” seperti yang diungkapkan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Yang menjadi masalah yaitu tentang bagaimana cara supaya calon negarawan tersebut tak terjebak dalam persaingan politik yang begitu keras. Dapat berkaca dari sosok Bung Hatta yang dinilai sangat bersahaja dan berwibawa serta lebih memilih diam demi menjaga persatuan, dan menghindari pertikaian politik yang dirasa tidak menguntungkan bagi bangsa.

Indonesia juga tak membutuhkan politisi yang hanya mengedepankan kepentingan jangka pendek yang menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan lawan politik mereka demi memenangkan pemilu. Yang Indonesia butuhkan saat ini yaitu sosok seorang negarawan yang memiliki visi serta wawasannya dalam mengambil keputusan maupun kebijakan untuk kepentingan generasi mendatang, bukan short-term bias yang pada umumnya dilakukan politisi.  Sosok harapan yang berani mengambil kebijakan berdasarkan sudut pandang kepentingan masyarakat banyak bukan kepentingan pribadi.

Seorang Negarawan akan mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah dengan mengajak musyawarah semua orang yang terlibat, tak terkecuali masyarakat. Bukan menyelesaikan masalah sendirian. Itulah sosok negarawan yang menjadi harapan Indonesia.

Berkaca pada keadaan Indonesia sekarang ini perlu untuk telaah kembali dalam rangka pemiihan baik presiden , walikota , bupati ataupun sejenisnya. Perlu diluruskan akan pemahaman bahwa antara politisi dan seorang negarawan harapan bangsa. Mengapa demikian ?? karena seorang negarawan sesungguhnya tak akan dengan mudah mengaku dan mengklaim dirinya adaah seseorang yang berjasa paling besar untuk negara, dan tak mengakui peran dan kontribusi orang lain. Hal tersebut pula yang seharusnya menjadikan pertimbangan dalam rangka pemilihan Pilkada DKI Jakarta 2012 yang kini sedang genjar-gencarnya menjadi buah bibir masyarakat, untuk memilih seorang negarawan yang berkarakter harapan masa depan bangsa ini.  Bukan politisi yang biasanya berpikir hanya untuk jangka pendek demi kemenangan pemilu maupun demi memenangkan jabatan belaka dan tak berfikir untuk kepentingan generasi yang akan datang.


1 Komentar

  1. H Onnie S Sandi SE mengatakan:

    Betul mbak…kita butuh pemimpin yg memiliki integritas moral, memberi teladan dan ikhlas dalam menjalankan amanat rakyat….semoga tiba saatnya demokrasi diisi oleh orang2 yang memilki karya nyata, bukan badut2 yang hanya pandai beretorika dan menguras uang rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: