U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Mahasiswa Beasiswa Unggulan Universitas Mercu Buana Yogyakarta Ikuti Seminar Nasional Ketahanan Pangan

Mahasiswa Beasiswa Unggulan Universitas Mercu Buana Yogyakarta Ikuti Seminar Nasional Ketahanan Pangan

Calendar

Januari 2013
J S M S S R K
« Des   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Like This Blog


seminar nasional

Mengikuti kegiatan kampus merupakan hal yang sudah lazim dilakukan pada kalangan mahasiswa. Namun kegiatan yang satu ini menjadi hal yang beda dan sangat menarik untuk di ulas. Seminar Nasional merupakan hal yang sudah biasa dilakukan di berbagai universitas. Hal menarik yang membedakan antara seminar ini dengan seminar-seminar nasional lainya yaitu dengan hadirnya Mahasiwa-Mahasiswi berprestasi kebanggaan Mercu Buana Yogyakarta.

Tak lepas dari pesertanya yang dirasa sangat spesial, tema yang diangkatpun sangatlah pantas untuk diperbincangkan mengingat Indonesia merupakan negara pengimport. “Membangun Ketahanan Pangan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menopang Perekonomian Rakyat” merupakan tema yang diangkat pada Seminar Nasional yang dilakukan seharian ini.

Acara yang rencananya akan diadakan rutin setiap tahunnya ini dihadiri berbagai kalangan dari petani/kelompok tani hingga dosen, peneliti, mahasiswa, guru SMK, pengusaha yang terkait dengan sektor pertanian,asosiasi profesi : PATPI, PERAGI, PERIPI, ISPI, APTA, MAFI, Lembaga swadaya masyarakat.

Seminar yang telah dimulai dari pukul 08.00 ini diadakan oleh Fakultas Agroindustri yang bekerjasama dengan Pusat Studi Ketahanan Pangan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pada Seminar Nasional ini Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian Achmad suryana yang berhalangan hadir diwakili oleh Ir. Asikin Chalifah tak ketinggalan pula seorang dosen sekaligus ketua LPPM UMB Yogyakarta Dr. Ir. Chatarina Wariyah, MP menghadiri seminar ini. Direktur Inprosula, Koordinator Masyarakat Sipil Peduli Pangan Nusantara, Anggota Pokja Ahli DKP Pusat dan Provinsi DIY Bapak P. Sarijo juga mendapat undangan untuk menyampaikan materi untuk peserta seminar.

Seminar yang diadakan pada hari Rabu ,12 September 2012 ini dihadiri kurang lebih 160 peserta dari berbagai daerah di DIY, Bali, Jateng dan Jawa Barat. Tema yang diangkat pun menuai perbedaan pendapat dari berbagai instansi terkait. Adapun perbedaan asumsi inilah yang menjadikan suasana dalam seminar menjadi lebih hidup. Tema yang diangkat dengan tujuan-tujuan untuk mengetahui arah kebijakan dan strategi dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional; serta mengetahui implementasi, kendala dan masalah dari pembangunan ketahanan pangan nasional; dengan berbagai upaya mengkomunikasikan dan menyebarluaskan informasi, pengetahuan, dan teknologi hasil-hasil penelitian, telaah pustaka dan praktek kegiatan yang berkaitan dengan usaha mewujudkan ketahanan pangan berbasis kearifan lokal meliputi aspek produksi, konsumsi, distribusi dan sosial budaya ini dikemas dalam beberapa topik pembahasan yang sangat menarik.

Topik “Percepatan Diversifikasi Pangan Dalam Menopang Ketahanan Pangan Nasional” yang disampaikan oleh Ir. Asikin Chalifah pun menuai perbedaan pendapat dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak P. Sarijo dengan topik “Mengembangkan Sistem Pangan Komunitas”. Perbedaan pendapat ini tak menjadi masalah, justru menjadikan wawasan baru tentang Ketahanan pangan dari berbagai sudut pandang.

Topik yang diangkat oleh Dr. Ir. Chatarina Wariyah, MP.  Mengenai “Peran Perguruan Tinggi Dalam Mendukung Kebijakan Pemerintah Untuk Meningkatkan Diversifikasi Pangan Berbasis Pangan Lokal”  disampaikan secara gamblang dan mengena. Tak ketinggalan pula antusias mahasiswa UMB Yogyakarta penerima Beasiswa Unggulan dari Biro Perencanaan Dan Kerjasama Luar Negeri. Selain menjadi peserta ,Sebagian dari mahasiswa Beasiswa Unggulan juga ikut serta dalam kepanitiaan Seminar Nasional ini sehingga acara telaksana dengan lancar. Mendukung pula topik bahasan yang di sampaikan Dr. Ir. Chatarina Wariyah, MP. bahwa mahasiswa beasiswa unggulan juga mendukung adanya Diversifikasi Pangan Berbasis Pangan Lokal dengan ajuan Program Kreatifitas Mahasiswanya yang beberapa telah di setujui untuk dinai oleh DIKTI DIY.

Selain materi yang disampaikan oleh beberapa ahlinya seminar nasional ini juga diramaikan dengan adanya bazar makanan dan hand made dari Desa Binaan dan mahasiswa wirausaha, antara lain : IbK UMBY, MAUBISA (Mahasiswa Wirausaha Bina Desa), IbW (Desa Binaan). Beras organik pandan wangi, eggroll ubi jalar ungu, kacang rendah lemak, kerajinan tangan dan berbagai macam hiasan rumah dari bambu merupakan sebagian contoh kecil produk yang ikut serta dipamerkan.

Dengan diadakannya Seminar Nasional ini diharapkan kedepan dapat memberikan wawasan tentang usaha-usaha yang harus dilakukan dalam membangun ketahanan pangan berbasis kearifan lokal untuk menopang perekonomian rakyat.

 

Umiarsih

Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan,

Biro Perencanaan Dan Kerjasama Luar Negri Kemendikbud

Jurusan  Agroteknologi, Fakultas Agroindustri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: