U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Perlunya Meluruskan Pemahaman OSPEK, Guna Terciptanya Kegiatan Kreatif

Perlunya Meluruskan Pemahaman OSPEK, Guna Terciptanya Kegiatan Kreatif

Calendar

Januari 2013
J S M S S R K
« Des   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Like This Blog


Mengulas lebih dalam mengenai kegiatan OSPEK merupakan hal yang sangat menarik. Berbagai pemahaman yang kini masih simpang siur menarik minat saya untuk ikut berkomentar mengenai ruang linkup kegiatan ospek yang sebenarnya.  Tak dapat dipungikiri pula bahwa masih ada pemahaman yang salah di sebagian Perguruan Tinggi . OSPEK masih dipergunakan sebagai media balas dendam bagi senior terhadap juniornya. Menggapi hal tersebut perlu kita ketahui dahulu makna dari diadakannya OSPEK tersebut, apabila dari awal sudah banyak terjadi kesalah pahaman makna maka kedepan akan jadi apa generasi penerus kita? Sifat pendendamkah yang di utamakan. Jawabanya tentu saja tidak.

Oleh sebab itu perlu kita tahu bahwa OSPEK yang di anggap sebagai momentum bersejarah bagi seorang mahasiswa dimana pada waktu tersebut pembentukan kepribadian mahasiswa mulai di bentuk. Seolah – olah menjadi ekstrim ketika banyak diberitakan adanya kekerasan dalam pelaksanan OSPEK di perguruan tinggi. Pada kenyataannya tidak semua perguruan tinggi melakukan tindakan seperti itu.

Kegiatan yang dilakukan guna memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru ini seharusnya dilakukan dengan penuh tanggung jawab yang dalam proses pelaksanaanya berbagai unsur penting seperti Pimpinan Universitas, Fakultas, Prodi serta Mahasiswa  ikut terlibat didalamnya. Sehingga mahasiswa baru akan mengenal serta memahami lingkungan akademis dan bagaimana peraturan yang berlaku didalamnya. Disisi lain akan memberikan pemahaman tentang kebangsaan dan bagaiman pendidikan yang mencerdaskan tentunya diikuti nilai kemanusiaan. Tanggung  jawab inilah yang akan membawa mahasiswa baru pada sikap sosial yang tumbuh bersama keberanian mereka, jiwa kepemiminan, kejujuran yang dapat dijadikan teladan serta bagaiman hidup disiplin dalam berbagai hal dan tindakan.

Menanamkan tujuan positif dalam pelaksanaan ospek menjadi hal utama yang harus di perhatikan. Oleh sebab itu panitia pelaksana harus mengemas sedemikian rupa sehingga pembelajaran yang diberikan memberikan manfaat tentunya dengan memperhatikan norma-norma yang berlaku dalam Universitas. Memberikan pemahaman bagi mahasiswa baru tentang pentingnya menjaga dan mengelola lingkungkan baik lingkungan kampus ataupun di luar kampus dirasa cukup penting. Dalam kegiatan OSPEK dapat dilakukan menyalurkan segala ide kegiatan di rasa cukup untuk membangun jiwa mahasiswa yang peduli.


2 Komentar

  1. ariohendra mengatakan:

    ospek di FK malah ga serem sama sekali hehe, tapi budaya balas dendam nya diterapin pas koas hadeh

  2. -Umiie- mengatakan:

    Memang tiap Universitas mempunyai budaya sendiri2, untuk budaya yang baik2 sihhh perlu dipertahankan. tapi kalau untuk tindakan kekerasan atau sekedar balas dendam siihh semoga jangan ada lagi…… ya

    terimakasih kunjungannya, jgan lupa mampir lgi..🙂 salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: