U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Akibat dan Dampak Kecanduan Cari Jodoh di “DUMAY”

Akibat dan Dampak Kecanduan Cari Jodoh di “DUMAY”

Calendar

Februari 2013
J S M S S R K
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Like This Blog


Sebuah tulisan yang ingin aku tulis setelah beberapa minggu terakhir risetku di dunia maya (DUMAY). Kini akhir dari sebuah petualangan ku menjelajahi dunia maya membuahkan hasil sebuah tulisan yang sebenarnya dapat dikatakan sebagai share aja ke temen-temen.

Dunia maya sering kita sebut dalam kehidupan sehari-hari dimana setiap saat para ABG muda bahkan seorang wanita dewasa ataupun Bapak-bapak yang telah berkeluargapun tak lepas dari perkembangan mordern yang kian berkembang pesat. Namun, saya berpendapat perkembangan dunia maya ini tak selamanya berdampak positif. kita perlu hati-hati dalam memilih media untuk berkomunikasi ini, terlebih banyak sekali orang-orang entah dari negara yang berbeda ataupun dari planet lain yang nyasar ke profil kita (lebay dikit).

Banyak dari beribu-ribu orang yang menjadikan dunia maya sebagai hiburan belaka, bahkan ada pula yang tergantung mada dumay hanya untuk mencapai keinginannya, kalau niatnya positif untuk jualan online gitu sih no problem ya. tapi kali ini menjadikan dunia maya sebagai ajang cari jodoh. Okey, kita nggk akan pernah tau siapa jodoh kita, mungkin ini salah satu usaha dari temen-temen untuk menemukan jodoh kalian dengan jejaring sosial. Namun perlu kita ingat dong,, nggak semua bisa dilakukan melalui jejaring sosial.

Contoh beberapa jejaring sosial yang kian berkembang pesat:

  1. Twoo
  2. facebook
  3. yahoo messenger
  4. twitter
  5. myspace
  6. Plurk
  7. friendster
  8. dan masih banyak lagi

Jejaring sosial memang benar mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak. Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisa menjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain. Namun dampak negatifnya pun tak kalah hebat dengan fungsinya:

  1. Berkurangnya perhatian terhadap keluarga karena sibuk dengan hal-hal yang berhubungan dengan kesenagangnya
  2. Tergantikanya kehidupan sosial yang nyata
  3. Batasan ranah pribadi dan sosial yang menjadi kabur
  4. Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
  5. Pornografi
  6. Pemanfaatan untuk kegiatan negatif
  7. Kesalahpahaman

Mungkin beberapa kalian ada yang menemukan pacar, kekasih ,suami ataupun istri dengan bantuan jejaring sosial tersebut. namun tak sedikit pula yang mengalami dampak dari trendnya dunia maya. pacarpun gagal diperoleh alhasil mengalami pelecehan, menjadi target keisengan dan kejailan dari oknum tak bertanggung jawab dengan kedok pencari pacar ataupun pencari jodoh. bisa saja kita tertarik pada orang yang salah, hal itu bisa saja terjadi. kita sebelumnya tak mengetahui orang yang kita kenal lewat dumay tersebut. bisa saja kita akan salah berteman walaupun dengan orang yang tak nyata dalam kehidupan. bisa saja yang kita kenal adalah suami / istri orang lain tentunya secara tidak langsung kita mengganggu hubungan orang lain. Sekedar mengingatkan saja, memilih media untuk berkembang mengikuti arus modernisasi sah sah saja, namun pikirkan juga dampak negatifnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: