U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Persiapan test TOEFL meraih nilai tinggi

Persiapan test TOEFL meraih nilai tinggi

Calendar

Februari 2013
J S M S S R K
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Like This Blog


Seringkali tidak disadari bahwa tidak selalu mereka yang pandai berbahasa Inggris dapat memperoleh nilai TOEFL yang tinggi dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan test TOEFL tidak hanya sekedar membaca dan menerjemahkan saja tetapi lebih dari itu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dalam hal membaca dan mendengarkan percakapan bahasa Inggris serta struktur dalam bahasa Inggris. Masih tidak cukup hanya itu, terkadang diperlukan latihan dan pengalaman yang cukup sebelum terbiasa dengan soal-soal test TOEFL.

Apabila pernah mengikuti test TOEFL dan mendapatkan nilai tidak seperti yang diharapkan maka jangan khawatir karena nilai TOEFL tersebut sebenarnya dapat dijadikan “modal awal” untuk memperoleh nilai yang lebih tinggi lagi. Dengan pernah mengikuti test TOEFL sebelumnya maka dapat diketahui letak kelemahan yang perlu diperbaiki sehingga diharapkan pada test selanjutnya bisa memperoleh nilai yang lebih tinggi.
Terdapat empat tips yang dapat dijalankan untuk mendapatkan nilai TOEFL yang lebih tinggi, yaitu:

  1. Tips pertama, perhatikan dari tiga section (Listening, Structure, Reading) yang telah dinilai pada test TOEFL sebelumnya section mana yang mendapat nilai terendah. Jika nilai terendah adalah pada Listening maka fokuskan porsi review lebih banyak pada Listening. Demikian juga halnya jika nilai terendah pada Reading atau Structure, maka fokus review pada kedua section tersebut diberikan lebih banyak.
  2. Tips kedua, manfaatkan waktu sedikitnya satu jam sehari untuk melakukan review sehingga waktu tujuh jam seminggu yang diperlukan untuk review dapat terdistribusi secara merata di setiap harinya. Dengan waktu review yang relatif tidak terlalu lama di setiap harinya, maka hasilnya akan efektif untuk meningkatkan nilai TOEFL pada test berikutnya.
  3. Tips ketiga, jangan sekalipun mencoba untuk menghapalkan pertanyaan dan jawaban test TOEFL dari contoh-contoh soal TOEFL manapun. Hal tersebut dikarenakan contoh-contoh soal test tersebut bisa saja mirip tetapi mungkin tidak akan sama persis.
  4. Tips keempat, pada saat mengerjakan soal-soal latihan jangan tergesa-gesa untuk beralih ke soal latihan selanjutnya. Cobalah untuk berpikir dan memahami setiap jawaban yang kita pilih, kenapa jawaban b yang dipilih? kenapa tidak a? apakah soal ini mirip dengan soal sebelumnya? dimana kemiripannya? dan seterusnya.

Intinya, apa yang dilakukan dalam menghadapi test TOEFL pada dasarnya adalah mempelajari bagaimana agar kita memiliki pengetahuan yang cukup untuk dapat menjawab soal-soal test TOEFL dengan baik sehingga memperoleh nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Sumber: 93323937-Tips-Mengerjakan-TOEFL.pdf


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: