U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Mahasiswa Beasiswa Unggulan Ikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Sampah Bersama Badan Lingkungan Hidup

Mahasiswa Beasiswa Unggulan Ikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Sampah Bersama Badan Lingkungan Hidup

Calendar

April 2013
J S M S S R K
« Mar   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Like This Blog


Mengikuti kegiatan kampus merupakan hal yang sudah lazim dilakukan pada kalangan mahasiswa. Namun kegiatan yang satu ini menjadi hal yang beda dan sangat menarik untuk di ulas. Seminar merupakan hal yang sudah biasa dilakukan di berbagai universitas. Hal menarik yang membedakan antara seminar ini dengan seminar lainnya yaitu dengan hadirnya Mahasiswi berprestasi penerima beasiswa unggulan kebanggaan Mercu Buana Yogyakarta.

bimtek umby

Tak lepas dari pesertanya yang dirasa sangat spesial, tema yang diangkatpun sangatlah pantas untuk diperbincangkan mengingat permasalahan sampah yang umum terjadi di beberapa negara berkembang, termasuk di negara Indonesia.. Dimana berbagai permasalahan yang menyelimutinya yang tak kunjung menemui titik terang meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh berbagai pihak. “Sampah Jadi Duit” merupakan tema yang diangkat pada Seminar dan Pelatihan Pengelolaan dan Pengolahan Sampah yang dilakukan seharian ini.

Seminar yang telah dimulai dari pukul 09.00 ini diadakan dalam rangka MILAD XXVII Jama’ah An-Nahl Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Universitas Mercu Buana Yogyakarta Sebagai wujud tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan.

Kegiatan yang dibuka oleh wakil dari bagian kemahasiswaan Mercu Buana Yogyakarta Drs. Riyanto, M.Si. tersebut dihadiri Ketua jejaring sampah DIY Bapak Roberus Junaedi tak ketinggalan pula seorang Pengrajin sampah plastik Ibu Fajar Purwaningsih serta Ibu Rita seorang pengrajin sampah kertas.
Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang seminar rektorat lantai 2 UMBY pada hari Jumat , 29 Maret 2013 tersebut memiliki konsep memberi pengetahuan dan ketrampilan secara komprehensif mengelola dan mengolah sampah Mandiri ,Prodiuktif Dan Ramah Lingkungan, Berbasis Masyarakat dengan melibatkan para Guru,Mahasiswa serta Siswi SMA agar mampu menciptakan jaringan bisnis yang berpotensi memberikan keuntungan moral, lingkungan, dan finansial bagi para pelaku

Mengingat pertumbuhan penduduk dan pola konsumsi masyarakat, baik desa maupun kota, menyebabkan sampah masih menjadi masalah sentral. Masalah tersebut antara lain disebabkan oleh tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah, minimnya pengetahuan mengenai pengelolaan sampah baik dari sisi pengetahuan maupun teknologi, dan pengelolaan sampah yang berbasis individu.

Bapak Junaedi mengungkapkan bahwa timbunan sampah dapat menimbulkan pencemaran air, pembakaran sampah menimbulkan pencemaran udara sehingga menganggu kesehatan masyarakat, pembuangan sampah secara sembarangan menimbulkan bau tak sedap, mengurangi estetika serta media bagi vekor penyakit. Paradigma lama masyaraka mengenai penanganan sampah sebelum adanya pengelolaan sampah yaitu “kumpul-angkut-buang” Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk menyadarkan pentingnya pengelolaan sampah yang benar dengan melakukan perubahan perilaku/gaya hidup yang telah menjadi kebiasaan para masyarakat.

Sebagai tindakan nyata peduli sampah para pesera diajak untuk membuat berbagai kerajinan khusnya dari sampah plastik dan sampah kertas,sebagai contoh adalah bros dari limbah plastik dan tempat pensil dari keras koran.
Dengan diadakannya Seminar dan Bimbingan Teknis ini diharapkan kedepan dapat memberikan wawasan tentang usaha-usaha yang harus dilakukan guna menyadarkan pentingnya memilah sampah, meminimalisir masalah-masalah sampah serta dapat mengolah sampah menjadi produk yang berguna dan bernilai ekonomis tinggi.

Umiarsih
Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan,
Biro Perencanaan Dan Kerjasama Luar Negri Kemendikbud
Jurusan Agroteknologi, Fakultas Agroindustri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: