U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » 3 Mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta Magang di P4S Tranggulasi

3 Mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta Magang di P4S Tranggulasi

Calendar

Agustus 2013
J S M S S R K
« Jun   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Like This Blog


IMG_1470

Kegiatan magang ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan di bidang pertanian organik.

Sebagaimana diketahui pula, pIMG_3452ertanian organik semakin popular dikembangkan di berbagai wilayah. Pertanian organik semakin menarik seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi produk makanan sehat. Sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami ini menjadi favorit pengembangan pertanian sekarang ini.

Pada pertanian organik proses pengelolaan pertanian dengan memperhatikan aspek ekologi dan kesehatan.  Siklus dan sistem ekologi kehidupan mendapat perhatian. Inilah yang selalu dikembangkan oleh Kelompok Tani Tranggulasi dalam program pertanian berkelanjutan.

IMG_4229

Kelompok Tani Tranggulasi dikenal sebagai produsen sayuran organik dengan kualitas baik. Sayuran organik tersebut dikembangkan di dusun Selongisor Desa Batur yang berada pada 1450 mdpl.

Kelompok  Tani Tranggulasi berada di kecamatan Getasan Semarang. Kelompok Tani Tranggulasi dipilih untuk tempat magang mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta proram studi agroteknologi karena merupakan pengembang tanaman sayuran organik yang tergolong berhasil. 3 mahasiswa angkatan 2010 tersebut adalah Umiarsih, Arief Prasetyo dan Kismawati Janah.

Sayuran organikKeberadaan kelompok tani Tranggulasi juga sangat strategis, selain menjadi wahana belajar dan mengajar antar anggota kelompok.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bertani, juga sebagai kelompok usaha yang menjalin kerjasama dengan pihak-pihak lain untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi. Seperti Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Ikatan Petani Pengendalian Hama Terpadu Indonesia (IPPHTI) yang semuanya mendukung program sayuran organik.

IMG_1452Selain itu pertanian yang dikembangkan Kelompok  Tani Tranggulasi tertata dan terencana dengan baik. Kelompok yang berdiri sejak tahun 2000 ini memiliki visi menjadikan desa Batur sebagai desa agrowisata sayuran organik dan agribisnis yang mampu meningkatkan ekonomi petani.

IMG_1459Tahun 2006 Kelompok Tani Tranggulasi mendapatkan penghargaan prestasi sebagai Juara I Sayur Organik Tingkat Nasional. Menyadari bahwa organik bukan sekedar label produk namun pada proses,sejak 2006 Kelompok Tani Tranggulasi menganalisakan kandungan produk sayuran organiknya ke Balai Besar   Laboratorium kesehatan Surabaya, selain itu juga pada tahun 2008 telah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Sayuran Organik, pada tahun 2010 telah melakukan registrasi kebun organik dan sertifikasi pangan organik (SNI) dengan NO. REG.: 023/INOFICE/2010.

IMG_1455Membiasakan anggota kelompok tani membuat catatan budidaya merupakan perjuangan yang luar biasa. Peracikan pestisida nabati bersumber lokal serta optimalisasi kinerja mikroorganisme lokal (MOL) sudah diterapkan. Secara terprogram kelompok tani ini memasok produk kepada eksportir hasil bumi ke Singapura, dengan salah satu produk andalannya adalah buncis Prancis. Permintaan pasar dalam negeri juga tidak pernah sepi.

IMG_4120Monitoring Magang Oleh Dosen Mercu Buana Yogyakarta


1 Komentar

  1. riev mengatakan:

    mantaf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: