U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » Analisis SWOT Kelompok Tani Tranggulasi

Analisis SWOT Kelompok Tani Tranggulasi

Calendar

Oktober 2013
J S M S S R K
« Agu   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Like This Blog


Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk merumuskan strategi suatu perusahaan dalam menghargai persaingan bisnis. Analisis ini terdiri dari variabel internal dan eksternal mengenai Kelompok Tani Tranggulasi.

1.      Kekuatan (Strength)

a.       Mempunyai struktur organisasi yang rapi sehingga bagian kerjanya terkoordinir dengan baik.

b.      Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pengurus dan kelompok tani dengan cara mengikuti berbagai macam pelatihan.

c.       Mempunyaikomoditas unggulan,diantaranya buncis Perancis, spinach, brokoli, lobak, wortel, selada keriting, sawi putih, pakcoy, kubis, tomat, bit, daun seledri, daun bawang, cabai keriting, labu siam. Selain itu mempunyai komoditas yang langka dibudidayakan di Indonesia seperti wild rocked, red sorrel, shungiku, swiss chard, rhubarb chard.

d.      Kerjasama dan bermitra denganberbagai perusahaan.

e.       Telah dilakukan Sertifikasi Pangan Organik (SPO).

f.       Sebagian besar dari anggota kelompok mempunyai ternak sapi sehingga dapat menerapkan prinsip pertanian terpadu dengan cara memanfaatkan kotoran ternak untuk memupuk tanaman yang dibudidayakan.

g.      Pupuk dan pestisida dibuat sendiri oleh anggota kelompok, sehingga dapat menekan biaya produksi.

h.      Merupakantempat kegiatan P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya)

2.      Kelemahan (Weakness)

a.       Salah satu produk sayuran yaitu spinachyang tidak dapat dijual ke konsumen dikarenakan oleh beberapa hal seperti serangan hama dan melebihi umur panen sehingga tidak memenuhi kriteria.

b.      Pengiriman produk jumlah banyak ke pasar lokal maupun induk tidak dapat dilakukan secara bersamaan karena hanya memiliki 1 mobil box.

 

3.    Peluang (Oppourtunity)

a.       Perubahangaya hidup masyarakat untuk memilih makanan yang lebih sehat semakin banyak.

b.      Satu-satunya lembaga swasta di Salatiga yang bergerak dibidang produksi sayuran organik yang diekspor ke Singapura dan Malaysia.

c.       Konsumenatau pembeli yang datang ke lahan atau ke gudang untuk membeli produk. Ada juga yang memesan melalui media komunikasi.

d.      Adanya permintaan konsumen yang terus meningkat dikhawatirkan produk yang dihasilkan tidak dapat mencukupi permintaan konsumen dan dikhawatirkan konsumen tersebut akan beralih membeli produk ke tempat lain.

4.    Ancaman (Threats)

a.    Aksesyang kurang strategis dikarenakan oleh keadaan jalan yang tidak memadai, banyak lubang dan jalan yang rusak cukup parah.

b.    Diperkirakan akan muncul pesaing baru karena semakin banyak kelompok tani yang membudidayakan sayuran organik.

 

Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelemahandan ancaman yang dihadapi dengan cara memanfaatkan peluang dan kekuatan yang dimiliki diantaranya:

1.         Pengelolaan OPT lebih intensif menggunakan bahan alami lainnya dengan cara mengembangkan produk pestisida nabati lainnya yang mempunyai kandungan yang berbeda. Untuk umur panen yang lebih sehingga menjadikan kriteria tidak terpenuhi dapat diatasi dengan cara menanam tidak dilakukan sekali saja, dapat dengan jeda waktu.

2.         Pengiriman sayuran dalam jumlah banyak ke pasar lokal maupun induk dapat diatasi dengan menggunakan alat transportasi umum.

3.         Akses jalan yang tidak memadai karena rusak dapat diatasi dengan cara pengajuan dana ke pemerintah daerah.

4.         Adanya pesaing baru diatasi dengan menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen agar pasar yang dimiliki dapat tetap dipertahankan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: