U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » B. PEMBAHASAN

B. PEMBAHASAN

Calendar

Oktober 2013
J S M S S R K
« Agu   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Like This Blog


1. Kajian Menejerial

Kegiatan magang yang telah dilakukan meliputi kajian menejerial maupun kajian teknik mengenai Kelompok Tani Tranggulasi. Adapun judul yang diambil yaitu“Teknik Budidaya Spinach (Spinachia oleracea L.) Secara Organik Di Pusat Kelompok Tani Tranggulasi” yang terletak di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang sudah dimulai sejak tanggal 15 Juli 2013 s/d 3 Agustus 2013 dan 18 Agustus 2013.

Lika-liku perjalanan Kelompok Tani Tranggulasi yaitu dari tahun 1998- 1999 berkelompok dengan nama Ngudi Makmur tak lepas dari berbagai kendala hingga pada tahun 2000 akhir berganti nama dengan “Tranggulasi”. Tahun 2004 bergerak di pertanian organik sampai sekarang eksis di pertanian organik. Kelompok Tani Tranggulasi beranggotakan 32 untuk menjadi anggota harus memenuhi persyaratan diantaranya mempunyai saham yang sama dan mentaati hak dan kewajiban serta peraturan kelompok tani. Anggota yang berkenan bergabung bukan karena ajakan, namun karena kesadaran petani itu sendiri.

Kelompok Tani Tranggulasi pada awalnya merupakan kegiatan kelompok tani pada umumnya, namun semenjak kelompok ini melakukan kegiatan pertanian ramah lingkungan (organik) tahun 2004, kelompok ini banyak dikenal oleh kalangan petani, pemerintah, akademisi. Sehingga banyak kedatangan tamu yang sifatnya kunjungan, magang dan sebagai tempat praktek lapang. Maka berdasarkan kegiatan tersebut di atas Kelompok Tani Tranggulasi dijadikan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya dengan nama P4S Tranggulasi oleh Dinas Pertanian melalui Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian. P4S Tranggulasi saat ini sudah menjadi tempat pembelajaran dengan sistem permagangan.

Kelompok Tani Tranggulasijuga mempunyai penyuluh pertanian yang mengelola 1 Kecamatan Getasan dimana Desa Batur terdiri 13 desa , dalam 13 desa terdiri 5 PPL PNS dan 3 THL. Untuk intensitas kunjungan idealnya 2 minggu sekali, namun pada kenyataannya peran penyuluh pertanian hanya datang kondisioal saja.

Dengan adanya kelompok tani ini visi untuk menjadikan Desa Batur sebagai agrowisata sayuran organik agribisnis yang mampu meningkatkan ekonomi petani secara tidak langsung sudah terwujud, berdasarkan hasil interview dengan anggota kelompok tani menyatakan bahwa keberadaan kelompok tani tersebut membantu menstabilkan harga berbagai komoditas sayuran. Hal tersebut dibuktikan bahwa kelompok tani bersedia membeli hasil sayuran dengan harga diatas harga pasar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: