U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » III. MATERI DAN METODE PELAKSANAAN

III. MATERI DAN METODE PELAKSANAAN

Calendar

Oktober 2013
J S M S S R K
« Agu   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Like This Blog


A. Tempat dan Waktu

Kegiatan magang ini dilaksanakan di Kelompok Tani Tranggulasi, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Adapun waktu pelaksanaan kegiatan magang dimulai tanggal 15 Juli 2013  sampai 3 Agustus 2013 dan 18 Agustus 2013 dengan waktu 7 jam kerja per hari selama 21 hari kerja.

B. Bahan dan Alat

Bahan yang digunakan dalam budidaya diantaranya benih spinach, pupuk kandang sapi, pupuk kandang bebek, pestisida nabati CP, power dan krinyu. Adapun alat yang digunakan diantaranya cangkul, sprayer, ember, gembor, meteran, sabit, plastik mulsa, sujen, timbangan, kardus, plastik kemasan, kamera, sealler, sterofoam, label, keranjang, plastik polibag, buku dan alat tulis

C. Metode Pelaksanaan

Teknik pengumpulan data dalam kegiatan magang ini, diantaranya melalui:

1.      Praktek

Data ini diperoleh dari praktik kerja langsung sesuai dengan aktifitas yang ada di lapangan. Praktek ini dilakukan dengan cara ikut langsung mempraktekkan tentang teknik budidaya spinach secara organik di Kelompok Tani Tranggulasi yang meliputi kegiatan penyiapan lahan, penyemaian, penanaman, perawatan, panen serta pasca panennya.

2.      Observasi

Observasi atau pengamatan lapangan diartikan sebagai kegiatan keseharian manusia dengan menggunakan panca indra mata sebagai alat bantu utamanya selain pancaindra lainnya seperti telinga, penciuman, mulut dan kulit. Dalam kegiatan magang ini menggunakan observasi partisipatif yang melibatkan peserta magang secara langsung dengan kegiatan petani yang membudidayakan spinach.

 

3.      Interview

Interview atau wawancara dilakukan melalui percakapan dengan maksud mendapatkan data sekunder seperti sejarah perusahaan, struktur organisasi, visi dan misi serta kegiatan yang tidak dapat diikuti secara langsung di Kelompok Tani Tranggulasi. Sedangkan yang menjadi sasarannya yaitu ketua maupun anggota Kelompok Tani Tranggulasi.

4.      Penggunaan Dokumen

Dokumen yang digunakan yaitu berupa laporan-laporan dan dokumen–dokumen lainnya yang ada hubungannya dengan kajian teknis maupun menejerial dari Kelompok Tani Tranggulasi yang dijadikan subjek pengamatan.

Dokumentasi merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumentasi akan dilakukan dengan cara pengambilan foto atau video aktifitas dari subyek yang diamati yaitu dari pengolahan lahan hingga pasca panen tanaman spinach di Kelompok Tani Tranggulasi. Kemudian dari foto-foto itulah diolah sehingga menjadi sebuah catatan lapangan dan dari foto-foto itu bisa mengetahui bagaimana kenyataan di lapangan.

5.      Studi Pustaka

Studi pustaka diperoleh dari literatur, buku dan telaah pustaka lain yang berhubungan dengan teknik budidaya spinach.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: