U_Miia04 'Blog

Beranda » ARTIKEL » V. KESIMPULAN DAN SARAN

V. KESIMPULAN DAN SARAN

Calendar

Oktober 2013
J S M S S R K
« Agu   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Like This Blog


A. Kesimpulan

Berdasarkan informasi yang telah diperoleh setelah magang di Kelompok Tani Tranggulasi, penulis dapat mengamati dan mempelajari secara langsung mengenai kajian menejerial maupun kajian teknik budidaya. Dengan hasil tersebut dapat sehingga dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:

1.      Kelompok Tani Tranggulasi merupakan suatu organisasi yang bergerak di bidang agribisnis tanaman sayuran dengan sistem penanaman secara organik. Keadaan umum dan struktur kelembagaan sudah tersusun jelas.

2.      Teknik budidaya spinach digolongkan menjadi dua perlakukan yang berbeda dikarenakan permintaan pasar yang beda yaitu untuk ekspor (baby spinach) dan lokal. Penanganan pasca panen dilakukan sesuai SOP pasca panen.

3.      Pemasaran spinach dilakukan dengan mengekspor spinach ke Singapura dan Malaysia. Selain itu juga menjual dipasar lokal yaitu dengan bekerja sama dengan supermarket.

B. Saran

Berdasarkan kesimpulan dari pelaksanaan magang di Kelompok Tani Tranggulasi dengan mengikuti semua proses budidaya spinach maupun panen dan pasca panennya. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat penulis sarankan guna kemajuan Kelompok Tani Tranggulasi :

1.    Laboratorium mini yang ada di Kelompok TaniTranggulasi merupakan tempat pembuatan media maupun larutan yang peka terhadap kontaminasi bakteri dan jamur, seharusnya tempat tersebut dalam keadaan steril dan dilakukan perawatan sehingga dalam kondisi yang bersih.

2.    Kelompok Tani Tranggulasi tersebut harus tetap mengingat dan berpacuan pada visi yaitu menjadikan Desa Batur sebagai Agrowisata Sayuran Organik yang dirasa masih kurang dari segi agrowisatanya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: